Keragaman Sosial Budaya di Indonesia

Jumlah Propinsi di Indonesia sebelum masa reformasi atau masa orde baru memiliki 27 provinsi. Namun saat ini ada 34 propinsi setelah setelah mengalami pemekaran daerah, terutama di provinsi yang memiliki daerah yang cukup luas. Dengan demikian hal tersebut mempengaruhi sosial budaya yang ada di Indonesia.

Keragaman Sosial Budaya di Indonesia

Keragaman Sosial Budaya

Banyaknya budaya yang ada, menimbulkan keragaman di Indonesia. Mulai dari suku hingga kesenian daerah. Banyak suku yang ada di Indonesia, maka bahasa daerah pun juga beragam. Bahkan, pada di setiap suku juga ditemukan keragaman bahasa, rumah adat, upacara adat, kesenian daerah dan sebagainya.

Berikut ini beberapa jenis keragaman sosial budaya yang ada di Indonesia

1. Keragaman Bahasa

Keragaman bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian masing masing orang. Keragaman bahasa timbul akibat adanya berbagai macam suku,faktor budaya, letak geografis, ilmu pengetahuan dan sejarah.

2. Keragaman Upacara Adat

Indonesia yang memiliki banyak adat dan kebudayaan, juga mempunyai beragam upacara tradisional yang menarik. Hingga saat ini, banyak dari upacara tradisional tersebut masih dilaksanakan di daerah asalnya masing-masing. Bahkan, menjadi ajang wisata budaya bagi banyak turis, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

3. Keragaman Rumah Adat

Keragaman rumah adat timbul akibat adanya perbedaan geografi. Suku yang mendiami daerah pegunungan memiliki bentuk rumah yang berbeda dengan suku yang tinggal di daerah pantai. Bukan hanya bentuk, bahan bangunan serta bagian-bagian rumah juga memiliki banyak perbedaan mengikuti bentuk adaptasi yang dilakukan di setiap daerah.

4. Keragaman Kesenian Daerah

Indonesia merupakan negeri yang memiliki berbagai keunikan seperti seni tari, seni musik, seni rupa, dan seni teater. Kesenian daerah di Indonesia pun sangat diapresiasikan oleh orang-orang mancanegara. Bahkan orang mancanegara pun mempelajari kesenian daerah Indonesia seperti menari, sinden, memainkan alat musik khas daerah di Indonesia, dan bahkan menyanyikan lagu daerah.

5. Keragaman Busana Daerah

Busana daerah atau pakaian adat (pakaian tradisional) merupakan kostum yang mengekspresikan identitas, yang biasanya dikaitkan dengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah.

Tentu saja masih banyak keragaman sosial dan budaya di masyarakat Indonesia. Keragaman dalam masyarakat adalah sebuah keadaan yang menunjukkan perbedaan yang cukup banyak macam atau jenisnya dalam masyarakat. Indonesia mempunyai keragaman sosial budaya yang sangat tinggi.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, jumlah suku yang ada saat ini adalah 1.128 suku bangsa. Seharusnya kita patut berbangga dan mensyukuri bahwa kita bangsa Indonesia keragaman sosial dan budaya yang menjadi khazanah Nusantara.

 

Keragaman Sosial Budaya di Indonesia

Recommended For You

About the Author: Polatu

Mewujudkan prestasi, mutu, terampil, kreatif dan kompetitif berdasarkan Ilmu, Iman dan Taqwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.