Bagian dan Fungsi Rangka Manusia

Dalam tubuh manusia terdapat tulang-tulang. Tulang-tulang tersebut saling berhubungan dan tersusun rapi membentuk. Rangka memiliki bagian dan fungsi yang sangat penting dalam tubuh kita, antara lain: memberikan bentuk pada tubuh, melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak, menjaga tubuh agar tetap tegak, dan tempat menempelnya otot.

Bagian dan Fungsi Rangka Manusia

Bagian-bagian Rangka Manusia

Secara garis besar, rangka manusia terbagi menjadi 3 bagian, antara lain tulang rangka kepala (tengkorak), tulang rangka badan, dan tulang rangka anggota gerak. Agar kamu memahaminya, pelajarilah uraian berikut dengan saksama.

1. Tulang-tulang rangka kepala

Tulang rangka kepala (tengkorak) berfungsi untuk melindungi organ penting yang ada di bagian kepala, antara lain otak. Apabila kepala terbentur maka otak akan terlindung dari kerusakan karena ada tulang tengkorak.

Tulang-tulang rangka kepala

2. Tulang-tulang rangka badan

Susunan tulang yang disebut dengan bagian rangka badan pada rangka manusia ialah mulai dari leher sampai dengan panggul. Tulang rangka badan terdiri atas:

Tulang leher

Tulang leher berfungsi untuk menopang kepala. Dengan ada nya tulang leher, kepala dapat berdiri tegak. Di samping itu, susunan tulang leher memiliki bentuk sedemikian rupa sehingga kepala dapat mengangguk, menoleh ke samping, dan dapat diputar. Di samping itu, tulang leher pun berfungsi untuk melindungi tenggorokan, kerongkongan dan pita suara. Tenggorokan merupakan saluran untuk bernapas, kerongkongan merupakan saluran untuk makanan, sedangkan pita suara merupakan alat penghasil suara.

Tulang dada dan tulang rusuk

Tulang dada dan tulang rusuk berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di bagian dada, seperti jantung dan paru-paru. Tentu kamu sudah tahu bahwa jantung berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Adapun paru-paru berfungsi untuk bernapas. Dengan adanya tulang rusuk dan tulang dada, organ-organ penting manusia dapat terlindungi.

Tulang punggung

Tulang punggung berfungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang banyak mengandung sel-sel saraf. Sel-sel tersebut terhubung langsung ke otak dan seluruh tubuh. Selain itu, tulang punggung berfungsi sebagai penopang anggota tubuh bagian atas.

Tulang panggul

Tulang panggul berfungsi sebagai penyambung antara tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah. Tulang panggul juga berfungsi sebagai penyangga organ dalam bagian perut. Organ tersebut antara lain usus halus dan usus besar.

Tulang-tulang rangka badan
Tulang-tulang rangka badan

3. Tulang rangka anggota gerak

Tulang rangka anggota gerak terdiri atas lengan (tangan) dan tungkai (kaki). Sebagian besar pekerjaan dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan tungkai. Tulang lengan terdiri atas tulang pangkal lengan, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang jari-jari tangan. Tulang tungkai terdiri atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang-tulang telapak kaki, dan tulang jari-jari kaki.

Tulang rangka anggota gerak

Fungsi Tulang Rangka

Berdasarkan Bentuknya Berdasarkan bentuk, tulang rangka dibagi dalam tiga bentuk utama, yaitu tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih. Setiap tulang tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, pelajarilah uraian berikut ini dengan saksama.

1) Tulang pipa

Perhatikan lengan dan kakimu, kemudian peganglah. Apakah kamu merasakan ada tulang yang cukup panjang di lengan dan kakimu? Itulah tulang pipa. Tulang pipa adalah tulang yang memiliki bentuk seperti pipa. Mengapa disebut tulang pipa? Karena tulang ini memiliki bentuk utama seperti tabung dan berongga.

Rongga pada tulang pipa berisi sumsum kuning. Sumsum kuning ini banyak mengandung lemak. Sumsum kuning dapat berfungsi sebagai cadangan makanan. Pada ujung-ujung tulang pipa yang mengembung, di dalamnya terdapat rongga-rongga kecil yang berisi sumsum merah. Sumsum merah ini berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah.

2) Tulang pendek

Mengapa disebut tulang pendek? Tulang ini memiliki ukuran tulang yang pendek. Di dalamnya hanya terdapat rongga-rongga kecil berisi sumsum merah. Tulang-tulang yang termasuk tulang pendek antara lain tulang belakang, tulang pergelangan tangan, dan tulang pergelangan kaki.

3) Tulang pipih

Tulang ini berbentuk pipih. Sama halnya dengan tulang pendek, tulang pipih berfungsi sebagai tempat pembentukan sel-sel darah. Hal ini disebabkan dalam tulang pipih terdapat ronggarongga kecil yang berisi sumsum merah. Tulang yang termasuk ke dalam tulang pipih, antara lain tulang rusuk, tulang dada, dan tulang tengkorak kepala. Dapatkah kamu menyebutkan tulang lain yang termasuk ke dalam tulang pipih?

Pemeliharaan Rangka

Pernahkah kamu melihat orang yang punggungnya bungkuk? Mengapa punggung orang tersebut bisa bungkuk? Tulang belakang yang ada pada tubuhmu mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Apabila rangka tidak dipelihara, akan mengakibatkan kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan tulang rangka.

Berikut ini adalah contoh kelainan pada tulang.

  1. Lordosis, yaitu tulang belakang bengkok ke belakang. Kelainan ini menyebabkan seseorang menjadi bungkuk.
  2. Kifosis, yaitu tulang belakang bengkok ke depan. Kelainan ini menyebabkan dada menjadi terlalu membusung.
  3. Skoliosis, tulang belakang bengkok ke samping. Kelainan ini menyebabkan badan menjadi condong ke kiri atau ke kanan.
contoh kelainan pada tulang
contoh kelainan pada tulang

Oleh karena itu, kamu harus memelihara tulang belakangmu. Agar tulang belakangmu tumbuh dengan baik maka kamu harus memerhatikan hal-hal berikut:

  • Melakukan sikap yang benar ketika tidur, duduk, dan berdiri.
  • Meminum susu dan makan makanan yang mengandung kalsium.
  • Berhati-hatilah dalam melakukan suatu gerakan pada saat bekerja atau berolahraga. Beban yang berat dan gerakan yang salah dapat menyebabkan tulangmu patah atau tergeser

 

Bagian dan Fungsi Rangka Manusia

Recommended For You

About the Author: Polatu

Mewujudkan prestasi, mutu, terampil, kreatif dan kompetitif berdasarkan Ilmu, Iman dan Taqwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.